Komen

Tinggalkan Komentar sebagai perbaikan

Komentar yang Ikwan maupun akhwat berikan di Blog ini sangat bermanfaat sekali untuk perbaikan... Diharapkan masukan yang ditinggalkan merupakan masukan yang membangun dan tidak mengandung unsur provokasi.. Syukron..

Geliat ekonomi syariah di fe unp

Posted by Formi Madani On 8:57 AM

Dari seluruh pengguna jasa bank di seluruh Indonesia hanya 1% nasabah yang memilih menggunakan Bank Syariah. Selebihnya masih memilih mempercayakan kepada bank-bank konvesional seperti Bank BNI, Mandiri, BPD dan lain-lain. Hal ini lah yang menjadi perhatian dan salah satu contoh landasan perlunya ada pengkajian lebih lanjut mengenai Bank Syariah khususnya, dan ekonomi syariah secara umum.
Hal ini disampaikan salah seorang dosen FE, Rino, S.Pd sekaligus pembicara dalam acara pembentukan Kajian Studi Ekonomi Islam (KSEI) FE UNP, Minggu (27/7) di ruangan GL 6. Lebih lanjut Rino menjelaskan langkah pertama yang dapat dilakukan setelah KSEI terbentuk adalah dengan mengembangkan kemampuan melalui tulisan-tulisan mengenai ekonomi syariah kepada dunia luar. “KSEI inilah nantinya yang akan mempolopori adanya media tulis ekonomi syariat seperti tabloid atau jurnal yang fokus terhadap masalah ekonomi syariah dan eksis secara kontinuitas,” ujar Rino.
Selain itu yang menjadi perhatian penting bagi pembentukan KSEI nantinya menurut Rino adalah kontribusi mereka yang tergabung dengan KSEI dalam hal akademik. Mahasiswa muslim FE UNP lanjut Rino akan mempelajari Ekonomi Islam secara terstruktur dan sistematis. Tak hanya itu, mahasiswa juga berupaya untuk mengimplementasikan Ekonomi Islam dalam wujud pengembangan dan pemberdayaan Sistem Ekonomi Islam dalam tatanan teoritis dan praktis di kehidupan sehari-hari dan. berperan aktif dalam melakukan sosialiasasi kegiatan pengembangan ekonomi Islam di tingkat UNP dan Masyarakat Sumbar umumnya.
Pembentukan KSEI ini pun disambut antusias oleh mahasiswa. Hal ini terbukti dalam tulisan Edo Andrefson (Pembumian Ekonomi Islam dalam Nuansa Ukhuwah dan Ilmiah). Dalam tulisannya mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan BP 2007 ini mamaparkan Fokus Kerja KSEI diarahkan pada pembentukan komunitas kajian/keorganisasian dan legitimasi lembaga (forming condusive and competitive environment). Bidang keilmuan (pengembangan dan sosialisasi ekonomi Islam dikalangan akademisi, birokrasi dan praktisi. Pengkaderan, dan pembangunan jaringan (networking) dengan stakeholder ekonomi syari’ah yang diharapkan menjadi salah satu sumber pendanaan (funding) dan keuangan (financing) organisasi
Semangat mahasiswa untuk membentuk KSEI juga disokong oleh salah seorang Koordinator Presidium Nasional FoSSEI (Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Syariah) dari Universitas Sriwijaya, Mu’izzudin. Dalam Rangkaian acara yang bertemakan ‘Urgensi dan Perkembangan Ekonomi Islam di Perguruan Tinggi ini Mu’izzudin menekankan tak penting nantinya KSEI FE UNP berada dibawah organisasi apa. FoSSEI sebagai organisasi dengan visi yang sejalan dengan KSEI akan mewadahi niat baik mahasiswa FE ini untuk mengadakan kerja sama dengan FoSSEI nantinya. “Apresiasi saya terhadap ruhul jadid (semangat baru) rekan-rekan semua untuk serius memikirkan masalah ekonomi syariah ini karena umat terbaik adalah ketika mereka mampu mencari solusi terbaik atas permasalahan yang ada, khususnya masalah ekonomi saat ini” ujarnya.
Acara yang dihadiri oleh mahasiswa FE UNP dan beberapa anggota KSEI dari berbagai universitas di Sumatera Barat diantaranya KSEI UBH dan KSEI Unand ini diakhiri dengan deklarasi pengukuhan pembentukan KSEI FE UNP yang resmi didirikan(27/7)

Category : edit post

0 Response to "Geliat ekonomi syariah di fe unp"

Post a Comment

About Me

Followers